Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Kecil
Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Kecil

Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Kecil Excel

Diposting pada

Kamus Guru – Laporan keuangan ini dalam bahasa Inggris memakai istilah financial report. Financial Report ini merupakan salah satu laporan yang paling penting di dalam sebuah institusi atau perusahaan baik institusi kecil sampai institusi besar. Karena dalam laporan ini, akan diketahui apakah bisnis atau institusi tersebut berjalan lancar atau tidak, memberikan keuntungan dan manfaat atau tidak.

Selain itu juga, laporan keuangan ini sering dijadikan sebuah pijakan atau landasan yang sangat penting untuk mengukur “kesehatan” sebuah institusi. Lantas apa yang dimaksud dengan laporan keuangan atau financial report?

laporan keuangan merupakan tahapan yang terakhir dalam proses / siklus akuntansi. Pada perusahaan kecil laporan keuangan cukup atas laporan laba rugi, laporan arus kas dan neraca, serta laporan perubahan modal. Dalam praktiknya fungsi laporan keuangan adalah untuk dijadikan dasar bagi pihak manajemen dalam membuat keputusan strategis.

Dalam SAK ETAP Tahun 2009 yang ditetapkan IAI, laporan keuangan adalah bagian dari proses pelaporan keuangan serta laporan keuangan lengkap yang meliputi:

1. Neraca

Pada prinsipnya, neraca keuangan ditujukan untuk mengetahui posisi keuangan suatu perusahaan atau usaha pada periode tertentu. Neraca merupakan bagian dari laporan keuangan yang dibuat setahun sekali. Neraca sangat diperlukan untuk mengetahui nilai perusahaan setelah menjalankan berbagai aktivitas yang berhubungan dengan keuangan. Intinya, nilai suatu perusahaan bisa saja bertambah atau berkurang setelah adanya berbagai macam transaksi.

Neraca memiliki beberapa unsur yang secara garis besar dapat dibagi menjadi tiga: harta, kewajiban, dan modal. Harta merupakan seluruh kekayaan yang dimiliki UKM, terdiri dari harta lancar, harta tetap, serta harta tidak berwujud, seperti merek dagang, hak paten, dan lain sebagainya. Sementara kewajiban bisa meliputi utang lancar dan utang jangka panjang. Modal merupakan selisih keduanya yaitu harta setelah dikurangi dengan utang.

2. Laporan Laba Rugi

Sesuai dengan istilahnya, laporan laba/rugi memuat laporan tentang selisih pendapatan setelah dikurangi dengan biaya-biaya atau beban. Laporan laba/rugi dapat digunakan untuk mengambil kebijakan atau sebagai dasar ukuran seperti untuk mengukur tingkat pengembalian investasi atau laba per saham.

3. Laporan Perubahan Ekuitas

Ekuitas dalam ilmu akuntansi dapat diartikan sebagai modal atau kekayaan entitas. Entitas di sini bisa perusahaan, UKM, dan lain sebagainya. Ekuitas didapat dari selisih jumlah aktiva (aset) setelah dikurangi dengan pasiva (kewajiban). Laporan perubahan ekuitas berarti laporan yang memuat tentang segala perubahan atas ekuitas untuk suatu periode.

4. Laporan Arus Kas

Laporan arus kas memuat segala informasi yang berhubungan dengan kas masuk dan keluar dalam periode yang ditetapkan. Karena itu berhubungan dengan waktu pencatatan, laporan arus kas juga berlaku sebagai syarat dengan informasti perubahan historis atas kas.

5. Catatan atas Laporan Keuangan

Buku catatan atas laporan keuangan diperlukan sebagai wadah mencatat informasi tambahan atas laporan keuangan. Penjelasan dalam catatan tersebut bisa bersifat naratif atau rincian jumlah serta informasi lainnya.

Tujuan Kualitatif Laporan Keuangan

  • Relevan
  • Dapat dimengerti
  • Daya uji
  • Netral
  • Tepat waktu
  • Daya banding
  • Lengkap

Untuk mempersingkat dan mempercepat pemahaman anda mengenai laporan keuangan perusahaan, maka kami sediakan contoh laporan yang bisa anda edit dan anda gunakan sebagai bahan atau contoh, sehingga bisa dirubah sesuai dengan kebutuhan dan keperluan perusahaan atau institusi anda. Silahkan anda download link di bawah ini…

Download contoh laporan laba rugi perusahaan jasa

Download contoh soal laporan keuangan perusahaan dagang

Mungkin sekian artikel mengenai contoh laporan keuangan perusahaan manufakturSemoga artikel ini bisa membantu anda dalam membuat laporan keuangan sehingga perusahaan atau bisnis anda bisa berjalan dengan lancar. Terima kasih telah mengunjungi situs kami, semoga anda menjadi salah satu pengunjung setia website kami.

 

Kata Kunci dari Pencarian:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *