Contoh Proposal Sponsorship Event Terbaik

Contoh Proposal Sponsorship Event Terbaik

Diposting pada

Kamus GuruContoh Proposal Sponsorship Event Terbaik – Dalam melaksanakan sebuah kegiatan baik kegiatan kecil maupun besar, seringkali dibutuhkan sumber dana sebagai usaha memperlancar kegiatan tersebut. Untuk itu, untuk mendapatkan sumber dana tersebut, kebanyakan orang akan membuat sebuah kerjasama atau sponsorship lewat pembuatan proposal.

Proposal tersebut akan dibagikan atau diberikan pada sejumlah institusi atau perusahaan yang besar dan sesuai dengan konsep acara tersebut. Jika kegiatan atau acara tersebut bertema sosial, maka tentu proposal tersebut lebih cocok diberikan pada institusi yang mendukung program dan pemberdayaan sosial.

Perusahaan tersebut nantinya akan menjadi sebagai donatur atau pihak sponsor yang membiayai semua atau sebagian dana yang dibutuhkan untuk memperlancar dan mempermudah kegiatan tersebut. Institusi tersebut nantinya akan memiliki hak dalam mengatur dan mengelola kegiatan tersebut sesuai dengan kebutuhan dan kerjasama yang saling menguntungkan.

Donatur adalah pihak yang memberikan bantuan tanpa ada kerja sama diatas perjanjian apapun dan tidak adanya timbal balik. Biasanya donatur hanya melihat kegiatan yang dilaksanakan dengan baik sehingga patut untuk didukung dengan kerelaan hati memberi bantuan.

Berbeda dengan donatur sebagai sponsor akan memberikan bantuan dengan bentuk kerjasama yang ada kaitannya dengan promosi atau marketing suatu produk. Sehingga ketika melaksanakan suatu kegiatan yang menggunakan dana sponsor maka akan ada promosi mulai dari logo perusahaan, bendera dan banner bahkan tidak jarang mereka juga menjual produk tertentu.

Dalam pembuatan proposal penawaran untuk meminta dana dari donatur atau sponsor tentu akan memiliki format penulisan yang berbeda. Karena sebagai pihak penyelenggara ingin mendapatkan dana dari pihak yang diminta bantuannya, maka untuk mendapatkan kepercayaan atas proyek yang disajikan secara mutlak. Sehingga sangat disarankan untuk memahami betul bagaimana cara membuat proposal sponsorship untuk donatur maupun proposal sponshorsip untuk pihak perusahaan.

Pada bahasan kali ini, yang kita akan bahas yaitu masalah proposal sponshorship yang nantinya akan kami berikan contoh proposal sponshorship, adapun cara membuat proposal sebagai berikut:

Contoh Proposal Sponsorship Event Terbaik

Cara Membuat Proposal Sponsorship

Langkah-langkah membuat proposal sponsorship yang baik dan benar sebagai berikut:

  1. Dalam membuat proposal sponsor, anda bisa mengunakan bahasa yang jelas, lugas dan baku. Jangan pernah berlama-lama dalam menyampaikan rencana dalam kegiatan karena bisa jadi, ada puluhan proposal yang sudah menumpuk di kantor perusahaan yang anda inginkan.
  2. Berikan keunggulan dari proyek anda. Setiap sponsor menginginkan agar produknya bisa terjual atau minimal dikenal oleh masyarakat sehingga mereka biasanya mempertimbangkan proposal anda untuk di setujui.
  3. Anda dapat menentukan bentuk kerjasama. Ada beberapa model sponsor yang bisa melakuan penjualan produknya kepada pihak sponsor mengharuskan penyelenggara untuk dapat menjual produk dari sponsor dalam jumlah dan harga tertentu. Adapun dari pada itu sebagai timbal baliknya kegiatan tersebut akan di danai. Model lain seperti sponsorship dengan memasang banner, bendera sebagai media promosi. Anda harus pintar dalam menentukan bentuk kerjasama seperti apa yang ingin anda tawarkan.
  4. Jangan melakukan kesalahan dalam pembuat proposal sponsor biasanya adalah terlalu lama dalam meyakinkan calon sponsor. Oleh karena itu, jika anda ingin kegiatan berjalan lancar, buatlah sponsor anda merasa puas dengan kinerja anda karena bagaimanapun, sponsor tidak memberikan bantuan secara gratis dan secara cuma-cuma, karena baik itu bersifat materil maupun non materil seperti branding, atau promosi.

Agar bisa jelas dalam memahaminya, anda bisa download contoh proposal sponsorship di bawah ini…

Download Proposal

Demikian yang bisa kami paparkan mengenai contoh proposal pengajuan sponsor. Semoga artikel ini bisa membantu anda dalam menjalankan dan memperlancar kegiatan anda. Namun perlu diingat, sebelum anda menyerahkan proposal tersebut ke sejumlah perusahaan atau lembaga lainnya, anda dan seluruh panitia yang bertanggung jawab harus memahami isi dan konsep proposal tersebut secara matang dan menyeluruh.

Tidak sedikit para penyelenggara yang mau melaksanakan kegiatan justru tidak mengetahui apa isi dari proposal tersebut secara jelas. Sehingga hal ini akan mengurangi rasa kepercayaan dan keyakinan dari para donatur.

Kata Kunci dari Pencarian:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *