Peringkat Terbaru Universitas Terbaik di Dunia

Peringkat Terbaru Universitas Terbaik Di Dunia

Diposting pada

Kamus Guru – Peringkat Terbaru Universitas Terbaik di Dunia – Quacquarelly Symonds (QS) Worlds University Ranking telah merilis peringkat atau ranking universitas terbaik di dunia pada tahun ajaran 2017-2018. Hasilnya, ada banyak kampus atau sekitar lebih dari 959 perguruan tinggi di 84 negara di dunia yang masuk dalam hitungan QS.

QS University Ranking adalah lembaga pemeringkatan legal yang selalu menjadi referensi banyak lembaga negara termasuk oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI untuk mengukur kualitas kelembagaan perguruan tinggi di Indonesia menuju World Class University.

Berikut daftar 10 universitas terbaik di dunia tahun 2017-2018:

1. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

2. Stanford University

3. Harvard University

4. California Institute of Technology (Caltech)

5. University of Cambridge

6. University of Oxford

7. University College London (UCL)

8. Imperial College London

9. University of Chicago

10. ETH Zurich – Swiss Federal Institute of Technology

Universitas di Indonesia juga diriset oleh QS. Hasilnya, 9 universitas masuk rangking

1. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia menempati ranking pertama dalam daftar universitas terbaik di Indonesia 2016-2017. Kampus yang identik dengan jas kuning ini merupakan universitas tertua di Indonesia yang sudah hadir sejak tahun 1849.

Dalam daftar Universitas Terbaik di Dunia, UI menempati ranking 325, naik dari posisi tahun sebelumnya di peringkat 358. Adapun di daftar Universitas Terbaik di Asia 2016, UI menempati peringkat 67.

Kampus UI berpusat di Depok, Jawa Barat dan Salemba, Jakarta Pusat. Perpustakaan UI dinilai sebagai salah satu perpustakaan terbesar di Indonesia dengan kapasitas 1,5 juta buku.

2. ITB

Insititut Teknologi Bandung (ITB) terletak di Bandung, Jawa Barat. Kampus Ganesha ini menempati ranking 401-410 di jajaran universitas terbaik di dunia versi QS World University Ranking 2016/2017.

Peringkat Institut Teknologi Bandung (ITB) meningkat dari tahun lalu berdasarkan Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking. Kali ini, ITB menempati posisi 331, atau naik sekitar 70 level dari tahun sebelumnya pada peringkat 401-410. Data yang dirilis Juni 2017 ini juga menempatkan ITB di peringkat 86 universitas di Asia.

3. UGM

Universitas Gadjah Mada (UGM) yang berlokasi di Yogyakarta ini juga merupakan salah satu universitas ternama di Indonesia. UGM yang juga sering dikenang sebagai Kampus Ndeso ini tercatat di peringkat 501-550 di daftar QS World University Rankings dan peringkat 105 di daftar universitas terbaik Asia.

UGM berdiri sejak tahun 1949 dan menjadi universitas terbesar di Indonesia saat ini. Kampus yang berpusat di kawasan Bulaksumur ini menjadi tempat mencari ilmu kurang lebih 50.000 mahasiswa yang tersebar di 18 fakultas, termasuk 1.187 mahasiswa asing.

4. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga biasa disebut dengan nama Unair, terletak di Surabaya, Jawa Timur. Universitas Airlangga secara resmi berdiri sejak tahun 1954. Namun, latar belakang kelahiran Unair sebenarnya sudah berjalan sejak tahun 1847. Ketika itu, pemerintah kolonial Belanda berniat mendirikan sekolah khusus kedokteran sehingga pada 2 Januari 1849, berdirilah NIAS atau Nederlandsxh Indische Artsen School sebagai sekolah pendidikan dokter di Surabaya, Jawa Timur.

Sekolah inilah yang menjadi cikal bakal Universitas Airlangga. Saat ini, jumlah mahasiswa yang menuntut pendidikan di Unair kurang lebih 40.000 mahasiswa.

Universitas Airlangga menempati peringkat 190 dalam daftar QS University Ranking di Asia.

5. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Institut Pertanian Bogor (IPB) berdiri sejak 1 September 1963. Sekolah tinggi yang memiliki spesialisasi sebagai sekolah pertanian ini terlahir dari visi para pemimpin bangsa yang menilai Indonesia membutuhkan sekolah berkualitas yang mampu melahirkan para ahli di bidang pertanian, bioscience dan berbagai bidang keilmuan yang terkait.

Sebelum resmi berdiri sebagai universitas yang mandiri, IPB adalah bagian dari Universitas Indonesia fakultas pertanian. Saat ini IPB memiliki 9 jurusan studi, 1 pascasarjana, sekolah bisnis dan program diploma.

IPB menempati peringkat 191 universitas terbaik di Asia dan kelompok urutan 51-100 di jajaran perguruan tinggi di segmen pertanian dan kehutanan terbaik.

6. Universitas Diponegoro (UNDIP)

Universitas Diponegoro berdiri sejak tahun 1957 sebagai perguruan tinggi swasta dengan nama Universitas Semarang.

Namun, pada tahun 1961, Presiden RI Soekarno memberi nama Universitas Diponegoro dan akhirnya perguruan tinggi ini bersalin status sebagai universitas negeri. Undip saat ini berada di peringkat kelompok 231-240 universitas terbaik di Asia.

7. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) adalah kampus yang terletak di Surabaya, Jawa Timur.Berdiri sejak 10 November 1957. Mirip dengan ITB, kampus ini memiliki spesialisasi sebagai kawah candradimuka yang melahirkan para ahli dan pakar di bidang sains dan teknologi.

Kampus ITS terbagi atas beberapa bagian kawasan, yaitu di Sukolilo seluas 180 hektare, lalu kampus Manyar seluas 5.000-an meter persegi dan kampus ITS Cokroaminoto seluas 4.000 m2. ITS saat ini memiliki 8 fakultas dan akan menjadi 10 fakultas pada September 2017 nanti.

ITS menempati peringkat 251-300 di Asia menurut versi QS University Ranking Asia.

8. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

Inilah universitas swasta yang menyodok ke jajaran 10 besar universitas terbaik di Indonesia. Mengutip website QS University Ranking, UMS berada di jajaran 251-300 jajaran universitas terbaik di Asia.

UMS sejauh ini tercatat sebagai salah satu dari 164 perguruan tinggi yang dikelola oleh PP Muhammadiyah. Saat ini, Universitas Muhammadiyah Surakarta memiliki 11 fakultas, 44 diploma dan doktoral studies, dan berbagai macam pilihan studi lain yang bisa dipilih oleh mahasiswa.

9. Universitas Brawijaya.

Universitas Brawijaya berada di Malang, Jawa Timur. Perguruan tinggi ini berdiri sejak tahun 1963. Saat ini, Universitas Brawijaya atau biasa disebut juga dengan nama Unibraw memiliki 11 fakultas.

Pada 2016/2017, QS University Rankings Asia menempatkan Unibraw di kelompok peringkat 301-350 jajaran universitas terbaik di benua Asia.

Mungkin itulah ulasan mengenai peringkat universitas di dunia. Gimana guys, ada nama kampus anda yang masuk universitas terbaik di dunia?

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda terutama dalam memperluas wawasan keilmuwan anda dalam bidang pendidikan. Bagi anda yang sedang mencari kampus terbaik, semoga anda bisa belajar di kampus-kampus di atas.

Kata Kunci dari Pencarian:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *