Jurusan Kuliah yang Menjanjikan dari IPA dan IPS

Jurusan Kuliah Yang Menjanjikan Dari IPA Dan IPS

Diposting pada

Kamus Guru – Jurusan Kuliah yang Menjanjikan dari IPA dan IPS – Kuliah merupakan impian semua orang di dunia. tidak sedikit mereka yang cukup beruntung bisa belajar dan menuntut ilmu di bangku kuliah dengan jurusan yang sesuai bakat dan minat. Memilih belajar di kampus apa dan memilih Jurusan yang cocok bukanlah hal yang mudah. Bahkan banyak pelajar yang telah menyelesaikan sekolahnya dengan angat baik namun masih galau dalam menentukan jurusan kuliahnya.

Memilih jurusan kuliah seringkali menjadi hal yang sulit untuk sebagian orang, sebab hal tentu akan sangat berpengaruh pada karir dan masa depan yang bersangkutan. Ada banyak jurusan yang tersedia di berbagai kampus yang terdapat di Indonesia, di mana beberapa jurusan ini bahkan memiliki sejumlah peminat yang cukup tinggi. Jurusan favorit dan paling banyak diincar, apakah ini akan selalu menjadi jurusan yang paling menjanjikan untuk masa depan?

Berikut ini buat anda yang jurusan IPS…

1. Psikologi

Mempelajari perilaku mental manusia sangatlah menarik. Kamu bisa memilih jurusan yang satu ini. Selain itu, Psikolog adalah ilmu yang meneliti alur pemikiran dan alasan dibalik tindakan kita. Mulai dari persepsi, kognitif, dan hubungan intrapersonal. Jadi kamu nggak bakal bosan mempelajarinya

Prospek Kerja: HRD, Market Research Psikolog, Konsultan Perusahaan, Psikiater.

2. Ilmu Hukum

Dikarenakan semakin maraknya kasus hukum di-Indonesia, maka peluang kerja untuk jurusan hukum amatlah besar, karena sampai kapanpun hampir mustahil tidak dibutuhkannya penegak hukum lagi.

Prospek Kerja: Pengacara, Notaris, Staff Legal

3. Sastra Inggris

Buat kamu yang suka belajar bahasa asing, Sastra Inggris bisa jadi pilihan yang tepat. Eits, jangan salah… jurusan ini punya prospek kerja yang luas di masa depan, lho.

Prospek Kerja: Kedutaan Internasional, Guide, Guru Bahasa Inggris, Penerjemah

4. Bisnis dan Manajemen

Siap-siap bersaing dengan banyak orang ya kalau milih jurusan bisnis dan manajemen. Jurusan ini memang sangat dibutuhkan hampir di semua perusahaan, karen lulusan bisnis dan manajemen itu bisa ditempatkan di area mana saja, mulai dari manajemen perusahaan, marketing, keuangan, hingga statistik ekonomi.

Prospek Kerja: Pengusaha, Manajer, Direktur, Asisten Manajer, Sekretaris

5. Hubungan Internasional

Kalau mau prospek kerja yang menjanjikan dan membuatmu sering keluar negeri, pilih jurusan ini. Hubungan Internasional mempelajari bagaimana menjalin hubungan antar negara dengan baik. Serta mempertahankan keharmonisan dua negara untuk menghasilkan hubungan bilateral yang saling menguntungkan dengan mengedepankan isu-isu umum seperti sosial, hukum, ekonomi, dan politik.

Prospek Kerja: Duta Besar, International Officer, Konsultan Internasional, Politisi, dan Wartawan

6. Ilmu Komunikasi

Ini nih jurusan yang nggak kalah populer dengan jurusan lainnya, karena jurusan ini tidak bisa ditangani oleh sembarangan orang. Hanya orang yang memiliki pribadi yang kuat yang mampu menjalani pekerjaan sebagai lulusan ilmu komunikasi, karena ia harus mampu mengomunikasikan suatu hal dengan baik.

Prospek Kerja: Broadcasting, Advertising, Komunikasi Pemasaran, Komunikasi Bisnis, dan Public Relations.

7. Akuntansi

Kalau kamu punya daftar passing grade perguruan tinggi se-Indonesia, coba lihat hampir di semua Universitas menempatkan jurusan akuntansi dengan passing grade tertinggi (IPS). Pasalnya, jurusan ini menjanjikan lapangan kerja yang menggiurkan. Setiap perusahaan dari yang kecil hingga yang besar pasti butuh pegawai untuk mengurusi masalah keuangan. Seorang akuntan sangatlah penting untuk digunakan di perusahaan.

Prospek Kerja: Akuntan, Manajer, Auditor, Marketing

Berikut ini khusus untuk anda yang jurusan IPA…

1. Jurusan Matematika dan IPA (MIPA)

Kamu yang jago hitung menghitung dan memutar logikamu bisa mencoba masuk jurusan ini. Setelah lulus nanti, kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang lumayan besar gajinya (jangan lupa dibarengi ketekunan dan kerja keras). #ehem

Prospek Kerja: Staff atau Tim Lapangan Pertambangan dan Perminyakan

2. Teknik Sipil

Ini jurusan yang paling banyak pesaingnya. Kenapa? Soalnya lulusan teknik sipil banyak dicari di lapangan kerja. Prospek kerjanya juga banyak banget.

Prospek kerja: Kontraktor

3. Teknik Elektro

Pertimbangkan jurusan ini baik-baik. Dijamin, bidang telekomunikasi sangat berprospek sampai 10 tahun mendatang.

Prospek Kerja: Operator dan Vendor

4. Teknik Mesin, Teknik Industri, dan Teknik Fisika

Pemerintah terus melakukan pembangunan untuk PLTU di beberapa tahun mendatang dengan kapasitas 10.000 MW. Ini tentunya perlu melibatkan lulusan-lulusan dari teknik mesin, industri dan fisika, dong?

Prospek Kerja: Teknisi dan Karyawan Industri

5. Ilmu Komputer dan Teknik Informatika

Banyak perusahaan yang butuh orang IT baik Fasilkom, IF atau yang ekuivalen. lapangan kerjanya tidak akan pernah habis, apalagi melihat perkembangan teknologi yang seakan belum lelah berlari.

Prospek Kerja: IT, Maintenance, Web Designer

6. Teknik Nuklir

Perguruan Tinggi yang membuka jurusan ini sangat sedikit, contohnya adalah UGM. Kamu yang punya minat di dunia kenukliran bisa coba pilih yang satu ini. Tenagamu pasti dibutuhkan oleh beberapa negara, terutama untuk negara maju yang teknologinya sudah jauh dibandingkan Indonesia. Habis studi lanjut, kamu bisa bantu memajukan Indonesia juga deh!

Prospek Kerja: Ahli Nuklir dan Karyawan PLTN

7. Pendidikan Dokter

Peminatnya memang banyak, apalagi ketika kamu bertanya sama anak-anak kecil usia lima tahun. HAHAHA! Sekolah dokter memang memakan waktu yang lama dan banyak pengorbanan. Tapi sudah jelas kalau permintaan akan profesi ini akan terus meningkat. Setelah lulus kuliah kedokteran, kamu bisa memilih untuk mengambil spesialisasi juga. Btw, dokter untuk urusan kecantikan banyak permintaan lho, mengingat perawatan serta operasi untuk tujuan kecantikan sekarang sedang tren.

Prospek Kerja: Dokter, Ahli Gizi, Konsultan Kesehatan

Mungkin itulah 7 jurusan kuliah yang menjamin masa depan. Gimana guys, anda sudah gak bingung kan? Silahkan pilihlah salah satu jurusan yang sesuai dengan kemauan dan mimpi atau cita-cita anda. Jangan sampai anda salah menentukan jurusan anda.

Memang benar, salah memilih jurusan bukan berarti salah menentukan masa depan. Namun setidaknya anda belajar untuk bertanggung jawab dalam menuntut ilmu agar pengalaman dan ilmu anda bermanfaat untuk anda dan masa depan anda.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dalam menentukan jurusan anda kedepan….

Kata Kunci dari Pencarian:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *